25 May 2016

Peringkat 39, Bahasa Inggris Orang Indonesia Lemah Hadapi MEA


Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) makin hari makin hangat dibicarakan oleh berbagai kalangan masyarakat, baik itu media, pengusaha maupun pemerintah. Lantas siapkah sumber daya manusia kita menghadapi persaingan bebas tersebut?
Yusuf Muhyiddin, Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kementerian Dinas Kebudayaan  mengatakan, memasuki era MEA yang dibarengi dengan  dukungan dari kemajuan teknologi membuat bahasa Inggris menjadi pengantar yang sangat diperlukan. Sayangnya, di Indonesia, peningkatan ilmu berbahasa Inggris masih sangat perlu perhatian khusus.
"Peningkatan kompetensi bahasa Inggris perlu dilakukan secara berkesinambungan melalui lembaga pendidikan nonformal dengan tetap berdampingan terhadap pendidikan formal. Untuk itu, guru harus berperan membiasakan siswa menggunakan bahasa Inggris," ungkapnya seperti yang dikutip dari Beritasatu.com
Sebuah survey tentang bahasa Inggris yang dilakukan kepada 910.000 orang dewasa di 70 negara menunjukkan bahwa Indonesia berada di urutan ke-32 , dengan level kemampuan menengah, hasil ini disayangkan karena peringkat kita berada di bawah Malaysia dan bahkan dibawah India.
Keadaan tersebut diperparah dengan bukti bahwa, kualitas tenaga kerja Indonesia masih kurang memadai, terutama dalam hal kompetensi bahasa Inggris. Bukti ini dialmbil dari penelitian Pusat Studi ASEAN.
“Peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi kunci sukses menghadapi pasar bebas di era MEA. Bahasa Inggris menjadi alat komunikasi yang dominan dan kendaraan untuk dapat memenangkan persaingan global, oleh karena itu, Jangan sampai terlambat belajar bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya, nanti keburu menyesal kalau sudah terlanjur dewasa.” Ujar Yusuf menambahkan.
Membiasakan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris tidak akan mengancam bahasa Indonesia dan bahasa daerah lainnya. Sebab setiap orang bisa menempatkan diri kapan menggunakan bahasa Indonesia dan kapan menggunakan bahasa Inggris.

1 comment:

  1. Yup, saya juga lg berusaha nih buat bisa bahasa inggris, bales chat dari orang luar ya cukup ngasal, tp mudah-mudahan dia ngerti apa yg saya katakan hehe

    ReplyDelete

Followers

Flickr