SALURAN DAN CARA-CARA ISLAMISASI DI INDONESIA

Saluran dan cara Islamisasi di Indonesia melalui beberapa jalan, diantaranya :

a. Perdagangan

Islamisasi melalui perdagangan terjadi pada tahap awal, yaitu sejalan dengan ramianya lalu lintas perdagangan antara abad ke-7 sampai abad ke-16. Pada tahap berikutnya makin banyaklah pedagang muslim yang datang ke Indonesia yang kemudian membentuk tempat-tempat pemukiman yang disebut Pakojan.

b. Perkawinan

Karena pedagang asing yang datang ke Indonesia banyak yang tidak mempunyai istri, maka mereka kebanyakan memilih menikah dengan wanita pribumi. Dengan melalui perkawinan ini lingkungan mereka pun bertambah luas sehingga muncul perkampungan, daerah-daerah, dan Kerajaan Islam.

Pengaruh Islam juga bertambah besar apabila perkawinan itu terjadi antara para bangsawan, misalnya antara putri Campa dengan Prabu Brawijaya atau Sunan Ampel dengan Nyi Gede Manila.

c. Pendidikan

Dengan melalui pendidikan ini proses Islamisasi dilakukan oleh pesantren-pesantren, semakin terkenal kyai yang mengajar, maka semakin terkenal pula pesantrennya dan pengaruhnya terhadap masyarakat.

Pada masa pertumbuhan Islam dikenal Pesantren Ampel Denta milik Sunan Ampel (Raden Rahmat), juga Pesantren Sunan Giri yang muridnya kebanyakan datang dari Maluku dan daerah-daerah lain. Selain itu juga biasanya para bangsawan atau raja mendatangkan Kyai sebagai penasihat agamanya.

d. Tasawuf

Proses Islamisasi yang tidak kalah pentingnya adalah tasawuf, yang berfungsi sebagai pembentuk kehidupan sosial bangsa Indonesia, dengan melalui tasawuf memudahkan islam masuk ke orang-orang yang telah mempunyai dasar ke-Tuhanan. Gambaran tentang tasawuf ini banyak di jumpai dalam babada dan hikayat. Beberapa tokoh tasawuf adalah Hamzah Fansuri, Syamsudin, Nurudin Ar-Raniri, dll.

e. Kesenian

Kesenian Islam terlihat dengan adanya peninggalan-peninggalan seperti seni bangunan, seni pahat, seni musik, seni sastra, dsb.

f. Wali songo

(Data tentang Wali Songo dapat dilihat di BAB sebelumnya)

NEXT : KERAJAAN-KERAJAAN INDONESIA YANG BERCORAK ISLAM.

PREV : PROSES MASUK DAN BERKEMBANGNYA AGAMA ISLAM DAN KEBUDAYAAN ISLAM DI INDONESIA.

0 comments:

Post a Comment