PROFIL ACHMAD BAKRIE


ACHMAD BAKRIE
(Pengusaha)

Setahun setelah Achmad Bakrie menyelesaikan sekolah dasar dagang Hendlesinstituut Schoevers, tahun 1940, Achmad Bakrie membuka CV Bakrie Brothers di Telukbetung. Perusahaan yang berdagang karet, lada dan kopi. Di zaman pendudukan Jepang, perusahaannya sempat berganti nama menjadi Jasumi Shokai. Dalam perkembangannya, Bakrie Brothers juga menambah industri pabrik pipa baja dan pabrik kawat. Di paruh akhir dasawarsa 1950-an, Achmad Bakrie mendirikan pabrik pengolahan karet mentah. Pengusaha otodidak ini meninggal di Tokyo, 15 Februari 1988.
Aburizal Bakrie adalah anak sulung Achmad Bakrie yang kemudian meneruskan bisnis Group Bakrie. Ada satu kenangan manis yang dialami Aburizal Bakrie saat ayahnya masih hidup. Ketika tahu Aburizal Bakrie mengalamu kerugian dalam usahanya, sang ayah malah berkata "saya senang kamu gagal. Kau harus tahu arti kegagalan, agar nanti berhasil".
Dibawah kepemimpinan Aburizal Bakrie, Bakrie & Brothers kini menjadi perusahaan konglomerasi yang bidang ushanya merambah ke berbagai bidang, mulai perkebunan sampai telekomunikasi.
"Kami berbicara soal bisnis sepanjang waktu bersama keluarga"

Achmad Bakrie adalah sosok pengusaha pribumi yang bisnisnya tak lekang dimakan zaman. Kesuksesan Grup Bakrie Brothers menepis mitos mandulnya pengusaha pribumi yang jarang berhasil karena jerih payahnya sendiri. Tokoh dibalik perusahaan papan atas ini adalah Achmad Bakrie. Kerja keras menjadi nama tengahnya.
Atuk - panggilan akrab Achmad Bakrie - lahir di kalianda, Lampung, pada 11 Juni 1916. Bakat entrepreneur-nya sudah terlihat sejak masih kanak-kanak. Saat umurnya masih 10 tahun, ia berjualan roti untuk mengisi waktu libur. Agaknya kondisi ini juga ia terapkan pada sang anak, Aburizal Bakrie, yang harus berdagang tas karena uang saku yang diberikan Achmad Bakrie begitu sedikit. Selamat dari HIS (setingkat sekolah dasar di zaman Belanda), Achmad Bakrie bekerja sebagai jaja keliling pada NV Van Gorkom, sebuah perusahaan dagang Belanda (1938). Meski hanya selama dua tahun di perusahaan ini, ia banyak mendapat pengalaman tentang organisasi modern.

2 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post