PREMIS CERITA

CARA MENULIS NOVEL

PREMIS CERITA

Satu lagi hal penting yang harus kamu buat sebelum menulis novel, yaitu premis cerita. Premis cerita adalah inti cerita yang nentuin arah cerita dan sekaligus ngejelasin tujuan dari isi cerita. Buatlah premis cerita yang singkat dan jelas hanya dalam beberapa kalimat aja.

Misalnya nih, sebelumnya saya mulai menulis novel Nokia VS Sony eric son yang lagi proses penerbitan nih, saya tentuin dulu deh premisnya dalam beberapa kalimat.


"Ivan adalah seorang anak gokil yang sangat baik, dia punya sahabat karip namanya jazy sama panda, pas daftar skul, si ivan ketrima di sma faforit tapi jazy milih jd asistennya papinya Ivan dan nggak ngelanjutin skulnya. Di skul barunya Ivan dapet julukan Bento gara-gara pas manggung nyanyi deh lagu judulnya Bento. Di sama dia juga punya sahabat baru yaitu rere dan Weni, di sana dia juga ketemu ama Panda dalam satu kelas, pas weni beli hape baru, dia ngeledek deh hapenya si ivan, ivannya marah banget dan terjadilah perang saudara. Hingga kemudian papinya ivan mau ngejodohin ivan ama si weni, si weni ini adalah keponakan dari weni musuh bebuyutnya, kebetulan aja namanya sama, ivan marah besar dan menolak acara pertunangan itu, tapi setelah kerja keras weni yg minta maaf akhirnya si ivan mau ngelanjutin pertunangannya"

Premis di atas sudah ngejelasin gimana saya musti mulai cerita, nentuin dialog, dan juga ending cerita. Premis juga ngebantu saya agar focus dalam cerita. Hingga akhirnya novel saya selesai dan bisa diterbitkan. Beli ya temen-temen (promosi nih) kwakakka.

ALUR CERITA ATAU PLOT

Alur cerita atau plot adalah jalan cerita. Jalan cerita penting banget untuk menulis. Kalau kamu sudah nentuin premis seperti di atas, maka akan mudah pula untuk nentuin jenis cerita. Plot yang biasa digunain ada tiga macam :

  1. Plot Lurus atau Linier

Jalan cerita disusun runtut berdasarkan kronologis peristiwa atau urutan waktu. Misalnya, peristiwa kehidupan seorang anak dari kecil hingga dewasa.

  1. Plot terbalik atau flashback

Jalan cerita yang disusun secara terbalik. Misalnya, seorang yang mengenang masa lalunya secara terbalik, dari masa sekarang ke masa lalu.

  1. Plot gabungan

Jalan cerita yang disusun secara bergantian, antara plot lurus dan plot terbalik atau sebaliknya. Misalnya, seorang ibu yang menceritakan masa lalunya dengan plot terbalik kepada anaknya di masa sekarang dan mereka pun punya masalah di masa kini yang diceritakan dengan plot lurus.

SETTING CERITA

Penting banget untuk nentuin setting suatu cerita. Setting nggak semata-mata berkaitan dengan tempat di mana peristiwa berlangsung, tetapi juga meliputi waktu kapan terjadinya peristiwa tersebut, adat istiadat dan budaya yang dimiliki karakter, serta latar belakang karakter. Setting cerita nggak mesti di gambarin melalui deskripsi, tetapi bisa juga lewat dialog para tokohnya.

Pilihlah setting yang kamu kenal baik atau punya referensi yang banyak agar tulisan kamu terkesan hidup dan detail.

1 Comments

  1. keren banget,

    Bagi yang memiliki online shop dan ingin membuat website toko online lengkap, desain menarik, gratis penyebaran, SEO, Backlink, agar usaha nya mudah ditemukan banyak pembeli di internet, sehingga bisa meningkatkan penjualan, klik ya : www.jasabuattokoonline.com


    Medium : Jasa Pembuatan Website Toko Online - Tokopedia : Jasa Website Toko Online dan Website Toko Online Murah - Facebook : Jasa Pembuatan Toko Online

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post