CONTOH SILABUS

CONTOH SILABUS

NAMA SEKOLAH : SMK Nusantara

MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam

KELAS/SEMESTER : X/ 1 dan 2

STANDAR KOMPETENSI : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

KODE KOMPETENSI : 1

ALOKASI WAKTU : 64 x 45 Menit

KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1.1 Mengiden-tifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk mempero-leh infor-masi gejala alam biotik

· Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam (Sains)

· Keterampilan proses sains

· Metode ilmiah

· Keanekaraga-man makhluk hidup

· Klasifikasi makhluk hidup

· Peranan mikroorganis-me (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia

· Mendiskusikan pengertian dan ciri ilmu pengetahuan alam (sains).

· Mendiskusikan perkembangan sains dan teknologi di Indonesia saat ini.

· Mendiskusikan dan mengindentifikasi keterampilan-keterampilan proses sains yang diperlukan untuk mempelajari metode ilmiah.

· Mendiskusikan pengertian metode ilmiah dan mengidentifikasi langkah-langkah metode ilmiah beserta contoh penerapannya.

· Melakukan penelitian mengenai pertumbuhan tanaman dengan menerapkan langkah-langkah metode ilmiah.

· Melakukan pengamatan terhadap keanekaragaman makhluk hidup di lingkungan sekitar.

· Mengidentifikasi macam-macam tingkat keanekaragaman makhluk hidup.

· Mendiskusikan keunikan keanekaragaman makhluk hidup di Indonesia dan manfaatnya.

· Mendiskusikan pengaruh kegiatan manusia terhadap keanekaragaman makhluk hidup.

· Mendiskusikan manfaat dan dasar klasifikasi makhluk hidup.

· Mengidentifikasi sistem-sistem klasifikasi makhluk makhluk hidup yang dibuat manusia.

· Mengidentifikasi kingdom-kingdom makhluk hidup berdasarkan klasifikasi kingdom yang telah dibuat manusia.

· Mendiskusikan tata cara penamaan ilmiah makhluk hidup.

· Mendiskusikan ciri dan peranan berbagai jenis mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia.

· Melakukan pengamatan terhadap bentuk bakteri, protozoa, dan algae.

· Melakukan praktikum membuat nata de coco, yoghurt, dan tape ketan.

· Menjelaskan pengertian dan ciri ilmu pengetahuan alam (sains).

· Membuat laporan hasil diskusi mengenai perkembangan sains dan teknologi di Indonesia.

· Menjelaskan keterampilan proses sains yang diperlukan untuk mempelajari metode ilmiah.

· Memberikan contoh penerapan keterampilan proses sains.

· Menjelaskan pengertian metode ilmiah dan langkah-langkah metode ilmiah.

· Mengaplikasikan langkah-langkah metode ilmiah.

· Membuat laporan penelitian mengenai pertumbuhan tanaman.

· Mempresentasikan hasil penelitian mengenai pertumbuhan tanaman.

· Mendeskripsikan keanekaragaman makhluk hidup di lingkungan sekitar.

· Menjelaskan macam-macam tingkat keanekaragaman makhluk hidup.

· Menjelaskan keunikan keanekaragaman makhluk hidup di Indonesia dan manfaatnya.

· Menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keanekaragaman makhluk hidup.

· Menjelaskan manfaat dan dasar klasifikasi makhluk hidup.

· Mengklasifikasikan makhluk hidup di lingkungan sekitar berdasarkan ciri tertentu.

· Menjelaskan sistem-sistem klasifikasi makhluk hidup.

· Menjelaskan kingdom-kingdom makhluk hidup.

· Menjelaskan tata cara penamaan ilmiah makhluk hidup.

· Menjelaskan ciri dan peranan virus, bakteri, protista, dan jamur dalam kehidupan manusia.

· Menyebutkan contoh jenis virus, bakteri, protista , dan jamur yang menguntungkan manusia beserta manfaatnya.

· Menyebutkan contoh jenis virus, bakteri, protista, dan jamur yang merugikan manusia beserta kerugian yang ditimbulkannya.

· Mengaplikasikan peranan bakteri dan jamur dalam menghasilkan bahan pangan.

· Tes tertulis

· Produk

· Tes tertulis

· Tes tertulis

· Observa-si kinerja

· Produk

· Tes tertulis

· Tes tertulis

· Produk

· Tes tertulis

· Observa-si kinerja

· Produk

16

20

(40)

· Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 halaman 1-17

· Lingkungan sekitar

· Sumber Informasi lain: koran, majalah, website internet, dll

· Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 halaman 19-52

· Lingkungan sekitar

· Sumber Informasi lain: koran, majalah, website internet, dll

· Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 halaman 53-72

· Lingkungan sekitar

· Sumber Informasi lain: koran, majalah, website internet, dll

1.2 Mengiden-tifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk mempero-leh infor-masi gejala alam abiotik

· Struktur bumi dan komponennya (air, tanah, dan batuan)

· Tektonisme, vulkanisme, gempa, dan tsunami sebagai gejala-gejala alam yang mengubah bentuk permukaan bumi

· Rotasi dan revolusi bumi

· Matahari, bulan, planet, komet, steroid, dan meteor sebagai benda langit

· Cuaca dan iklim

· Mengidentifikasi struktur bumi dan mendiskusikan peristiwa-peristiwa alam yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi.

· Melakukan studi literatur dan mendiskusikan peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia.

· Melakukan diskusi mengenai air, tanah, dan batuan sebagai komponen bumi.

· Melakukan pengamatan terhadap daya serap air oleh jenis tanah yang berbeda.

· Mendiskusikan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi.

· Mengidentifikasi dan mendiskusikan beberapa benda langit yang ada di tata surya.

· Mendiskusikan pengertian cuaca dan iklim.

· Mengidentifikasi dan mendiskusikan unsur-unsur cuaca.

· Melakukan pengamatan cuaca di lingkungan sekitar.

· Mengidentifikasi pembagian iklim bumi.

· Mendiskusikan dampak perubahan iklim bumi yang sedang terjadi saat ini.

· Menjelaskan struktur bumi dan peristiwa-peristiwa alam yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi.

· Membuat laporan hasil diskusi mengenai peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia.

· Mempresentasikan hasil diskusi mengenai peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia.

· Menjelaskan fungsi, sifat, dan jenis-jenis air, tanah, dan batuan yang ada di bumi.

· Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi.

· Menjelaskan beberapa benda langit yang ada di tata surya.

· Menjelaskan pengertian cuaca dan iklim.

· Menjelaskan unsur-unsur cuaca.

· Menyimpulkan kondisi cuaca di lingkungan sekitar.

· Menjelaskan pembagian iklim bumi.

· Mengidentifikasi sebab dan dampak perubahan iklim bumi.

· Membuat laporan hasil diskusi mengenai dampak perubahan iklim bumi yang sedang terjadi saat ini.

· Tes tertulis

· Obser-vasi kinerja

· Produk

· Tes tertulis

· Tes tertulis

· Tes tertulis

· Observa-si kinerja

· Produk

16

12

(24)

· Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 halaman 73-111

· Lingkungan sekitar

· Sumber Informasi lain: koran, majalah, website internet, dll

· Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 halaman 113-128

· Lingkungan sekitar

· Sumber Informasi lain: koran, majalah, website internet, dll

Post a Comment

Previous Post Next Post