Lets Share Our InZpiration

07 February 2010

SEJARAH TAROT

SEJARAH DAN SIMBOLISME TAROT

Asal-usul tidak jelas dan sampai saat ini masih terselubung oleh misteri. Salah satu teori mengatakan, ada kaitan dengan ritual dan symbol keagamaan Mesir Kuno; teori lain mengatakan berasal dari celt (atau Kelt, sebagaian penduduk kuno Inggris, Skotlandia, Irlandia, Wales dan Perancis utara); yang lain berspekulasi bahwa Tarot di bawa ke Eropa dari belahan lain (mungkin Mesir, Cina, India atau Persia) oleh bangsa Jipsi, namun semuanya hanya tekanan. Aslinya kartu ini di desain oleh siapa dan untuk tujuan apa, masih merupakan pertanyaan.

Yang sesunggunya diketahui adalah, Tarot yang dipergunakan pada saat ini berasal dari pertengahan abad ke lima belas, ketika aristocrat Italia keluarga Visconti-Sforza memesan beberapa bungkus lukisan Tarot. Namun pada abad ke tujuh belas Italia menghentikan produksi dan mulai mengimpor dari Perancis Tarot De Marseilles yang kemudian menjadi contoh kartu Perancis yang terkenal, Tarot De Marseilles sangat berpengaruh terhadap desain kartu pada abad berikutnya.

Bungkusan yang terdir atas 78 kartu telah digunakan dengan cara yang berbeda-beda, namun bukti menyatakan bahwa awalnya kartu ini dipergunakan untuk permainan yang dinamakan tarot di Perancis dan tarocchi di Italia, banyak desain yang muncul selama berabad-abad, namun yang menarik yaitu Tarot yang digunakan selama 500 tahun, sampai sekarang masih berlangsung. Kenalai dirimu sendiri adalah dictum pertama bahasa Yunani yang diukir di atas pintu kuil Apollo di Delphi, dimana sejak awal Tarot telah digunakan sebagai salah satu sarana untuk mengenali diri sendiri. Akan tetapi, selama berabad-abad Tarot juga menimbulkan rasa takut dan rasa curiga. Misalnya pada abad pertengahan, banyak kartu tarot yang dibakar oleh pihak gereja, karena tamsil yang terkait dengan penyembahan berhala sangat ditentang.

Bahkan pada abad ke dua puluh satu, kadang kala tarot masih dihubungkan dengan “Buku Gambar Setan” dan dianggap sesuatu yang tercelala. Pada beberapa kartu lama, gambar paus diganti dengan pendeta untuk memisahkannya dengan Katholic Roma. Naming walaupun ada usaha untuk mendeskripsikan dan menghapuskan, Tarot juga masih tetap tumbuh subur, dan menjelang akhir baada ke delapan belas telah tersusun arti permalan kartu sebagaimana yang diketahui pada saat ini.

Simbolisme yang kuat dari Arcana Mayor merefleksikan peristiwa-peristiwa penting kehidupan seseorang, sedangkan kartu arcane Minor memberitahukan kepada penanya tentang situasi, pengalaman-pengalaman juga arah yang dapat dituju. Makna eksoterik masing-masing kartu yang bernomor, prinsip feminine dan maskulin, dan elemen-elemen udara, api, dan tanah yang berasosiasi dengan dengan kartu arcane Minor hanya merupakan sebagian tema simbolik yang ada di dalam Tarot. Namun bagaimana misteri sedemekian tepatnya Tarot memiliki daya eja tentang sesuatu yang dikonsultasikan, sulit untuk diidentifikasi. Bagaimanapun simbolisme yang terlukis pada kartu menimbulkan perasaan dan pengertian atau wawasan spontan, dan tidak dapat segera dipahami oleh kekutan akal.


No comments:

Post a Comment