02 July 2016

Me Vs Alfamart

Finally.... Aghh finally this day has come! Akhirnya kesampaian juga buat balas dendam sama si holly mother father mini market.

Flashback sedikit, ada sebuah mini market berinisial A, sebut saja Alfamart. Letaknya deket banget sama rumah, jadi pasti belanjanya kesitu.

Kalian masih inget kan peraturan kantong kresek berbayar Rp. 200,- ? Gue ingat banget Alfamart yang pertama kali mengusung peraturan tersebut, dan gue yakin ada pemanfaatan peraturan di dalamnya, karena berbayar, mereka memanfaatkannya untuk meraup keuntungan lebih. How?

This is the explanation,

Maybe you guys gak nyadar tapi mereka telah menurunkan kualitas kantong kresek mereka dan menjualnya dengan harga Rp. 200,-. Gue salah satu korban yang berhasil mengidentifikasinya karena gue kebetulan dapat apes 6x mengalami insiden kantong belanja bolong ditengah jalan. dari yg cuma bawa sebotol cola dan berakhir jatuh dari motor dan gak bisa diminum sampai belanjaan sembako gue yang juga berserakan dijalan gara-gara kantong kresek sialan itu.

Kebayang dong betapa gondoknya gue? Gue sabar sabarin aja sampai ketemu momen tepat hari ini.

Barusan gue belanja cukup banyak nih guys, lagi pengen ngemil sambil nonton film. Nah pas abis belanja gue ke kasir, eh baru nyadar kalau sekarang kantong kreseknya gratis (see how they not even consistent).

Antriannya cukup panjang, gue di antrian ketiga, belanjaan berat dan kasirnya cuman satu, yg dua sik ngobrol di bawah kolong kasir gosipin cowok, sebel dong gue jadinya. Akhirnya giliran gue dilayani, dan entah aura jahat gue maybe terlalu kuat sampai membuat mesin printer notanya rusak, dan mreka dengan entengnya bilang "Gak usah pakai nota gak papa ya mas", dan meledaklah gue disitu.

Gue dengan simpel senyum dan menggeleng kepala sambil bilang "pakai nota mas", terus mbaknya muncul dari kolong bilang "iya tapi mesinnya macet mas" which is actually nggak sopan, gue jawab dengan menaikkan bahu dan bilang "terus?"

Gue disruh nunggu dan antrian berlanjut, gue yakin banget mereka berharap gue pergi karena nunggu lama, but im not, gue sengaja ngerjain mereka. 10 menit nunggu mbak nya muncul lagi dari kolong dan bilang "pakai nota tulis aja ya mas", gue jawab "daritadi ngapain aja mbak?" dan mbaknya bingung terus buru-buru nge cek belanjaan gue lagi dan ditulis tangan.

Ini ni buktinya :

Well, buat Alfamart, i think its better for you to fix your hospitality, jangan asal recruit aja!!

25 May 2016

Peringkat 39, Bahasa Inggris Orang Indonesia Lemah Hadapi MEA


Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) makin hari makin hangat dibicarakan oleh berbagai kalangan masyarakat, baik itu media, pengusaha maupun pemerintah. Lantas siapkah sumber daya manusia kita menghadapi persaingan bebas tersebut?
Yusuf Muhyiddin, Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kementerian Dinas Kebudayaan  mengatakan, memasuki era MEA yang dibarengi dengan  dukungan dari kemajuan teknologi membuat bahasa Inggris menjadi pengantar yang sangat diperlukan. Sayangnya, di Indonesia, peningkatan ilmu berbahasa Inggris masih sangat perlu perhatian khusus.
"Peningkatan kompetensi bahasa Inggris perlu dilakukan secara berkesinambungan melalui lembaga pendidikan nonformal dengan tetap berdampingan terhadap pendidikan formal. Untuk itu, guru harus berperan membiasakan siswa menggunakan bahasa Inggris," ungkapnya seperti yang dikutip dari Beritasatu.com
Sebuah survey tentang bahasa Inggris yang dilakukan kepada 910.000 orang dewasa di 70 negara menunjukkan bahwa Indonesia berada di urutan ke-32 , dengan level kemampuan menengah, hasil ini disayangkan karena peringkat kita berada di bawah Malaysia dan bahkan dibawah India.
Keadaan tersebut diperparah dengan bukti bahwa, kualitas tenaga kerja Indonesia masih kurang memadai, terutama dalam hal kompetensi bahasa Inggris. Bukti ini dialmbil dari penelitian Pusat Studi ASEAN.
“Peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi kunci sukses menghadapi pasar bebas di era MEA. Bahasa Inggris menjadi alat komunikasi yang dominan dan kendaraan untuk dapat memenangkan persaingan global, oleh karena itu, Jangan sampai terlambat belajar bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya, nanti keburu menyesal kalau sudah terlanjur dewasa.” Ujar Yusuf menambahkan.
Membiasakan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris tidak akan mengancam bahasa Indonesia dan bahasa daerah lainnya. Sebab setiap orang bisa menempatkan diri kapan menggunakan bahasa Indonesia dan kapan menggunakan bahasa Inggris.

31 March 2015

Inilah Alasan Kenapa Orang Kidal Itu Istimewa


Well, kalian tau kidal kan? itu loh hewan melata kecil berkaki empat. hahaha garing ya? Kidal alias left hand merupakan keadaan yg dialami seseorang akibat faktor genetik. Banyak pakar mengatakan bahwa kondisi ini dialami karena otak kiri lebih dominan. Kebanyakan orang kidal lahir secara prematur.

Lantas apakah yang membuat orang kidal itu istimewa? Well, selain terlihat lebih keren karena mampu menulis dengan tangan kiri, seseorang yang kidal juga termasuk orang dengan kategori jenius. Thats why hanya ada 10% penduduk bumi yang kidal. Itu artinya kalian harus selfie bareng anak kidal, karena dia langka hahaha.

Lantas apakah bukti bahwa orang kidal itu jenius? Jawabannya mudah, Anda pasti kenal nama-nama seperti Napoleon, Da Vinci, Michelangelo, Newton, Bill Gates, Operah, Jimi Hendrix dan Obama. Nama-Nama besar yang berpengaruh di dunia tersebut adalah kidal, dengan IQ lebih dari 140. Wow sekali kan? haha.

Yang lebih istimewa lagi, seluruh dunia menghargai orang-orang kidal ini dan menetapkan tanggal 13 Agustus sebagai hari kidal sedunia. Hari peringatan ini telah diselenggarakan sejak 1996 silam.

Meskipun faktor genetik, namun jumlah orang kidal tak pernah melebihi 10%, hal ini dikarenakan lebih dari 2.500 orang kidal meninggal setiap tahunnya karena menggunakan peralatan yg kebanyakan hanya ramah kepada orang yg menggunakan tangan kanan. Contohnya gas motor yang dimanapun di dunia ini diproduksi dan terpasang di stang kanan.

Selain itu, di beberapa negara ditentukan peraturan bahwa orang kidal dilarang masuk atau mengikuti wajib militer. Hal ini dikarenakan orang kidal tak mampu melempar geranat, mereka cenderung melemparnya ke atas. Hal ini dikarenakan letak pengaman geranat dan juga tangan kiri yg kurang stabil.

Fakta lain juga menyebutkan bahwa orang kidal 3 taun lebih cepat meninggal dibandingkan orang dengan tangan kanan. Akademisi dari North Dakota mengatakan bahwa usia rata-rata orang kidal adalah 65 tahun, sedangkan orang dengan tangan kanan rata-rata meninggal pada usia 68 tahun.

Sebuah topik yang menjadi perdebatan adalah, sebuah penelitian menyebutkan bahwa 39% homosexual adalah kidal. Agak diskriminatif memang.

Well, itulah fakta-fakta unik tentang betapa istimewanya seorang kidal. Namun menjadi orang dengan tangan kanan juga bukan berarti bad luck bukan?

27 March 2015

Kandungan Caffeine Starbucks 4X Lebih Tinggi Dari Krating Daeng!

Well, Baru saja twitter Inzpirasikuw digentayangi oleh follower baru yang kocak abis yaitu @ryoaribowo si blogger galau alias CEO dari Turyonoari.blogspot.com. Tak hanya membawa canda dengan guyonan yang absurd, blogger seru satu ini juga ngasih ilham buat sharing Inzpirasi tentang Kopi.

Well, kebetulan di agenda blogging Inzpirasikuw untungnya masih ada beberapa topik mengenai Kopi yang bisa mengInzpirasi kalian semua. Kali ini gue mau bahas Starbucks yang ternyata menduduki kasta tertinggi Kopi dengan kadar Caffeine yang mampu nampar mata kalian sampai melotot.

Based on some resarch, u know what, Starbucks merupakan brand caffe coffe terbesar di dunia, setelah sempat menyaingi kejayaan Dunkin' Donuts, kejayaan brand tempat ngopi berstandard international ini semakin membentangkan sayapnya dengan membuka banyak cabang di kota-kota besar seluruh Dunia.

Tahukah Anda bahwa Starbucks setiap paginya selalu ramai dikunjungi oleh karyawan kantor, terutama di New York Amerika? Hal ini dikarenakan varian Kopi Starbucks mampu membuat mereka tetap terjaga selama jam kantor. Lantas apa yang spesial dari kopi Starbucks dan bedanya apa dengan kopi kapal selam?

Ternyata, varian Ariana Gande, eh maksudnya kopi Grande di Starbucks mengandung kadar caffeine yang sangat tinggi, yakni mencapai 320mg, kandungan tersebut empat kali lebih tinggi dari Red Bull (Krating daeng). < Pada teriak WOW nggak nih?

For Your information yes, takaran saji Red Bull adalah maksimum 3 botol dalam sehari, of cours itu pun dengan jeda minum beberapa jam. Sedangkan untuk Kopi Grande Starbucks , kandungan caffein kopi yang setara dengan 4 botol red bull trsaji dalam 1 cup, its mean jika mengonsumsinya lebih dari segelas dalam sehari maka Anda telah mengonsumsi caffein melebihi takaran yang tubuh Anda butuhkan dalam sehari.

Dalam jangka panjang caffeine ini mampu menyebabkan ketagihan, dimana jika dikonsumsi terus menerus akan mempengaruhi siklus tubuh, salah satunya yakni insomsia. Berhenti menggunakan caffeine akan membuat Anda merasa menjalani hari yang buruk selama beberapa hari. 

Selain itu, mengonsumsi lebih dari 300mg caffeine dalam sehari mampu meningkatkan jumlah kalsium dan magnesium yang hilang melalui air seni, sehingga memicu osteoporosis. Karena bersifat energy booster yang berinteraksi dengan jantung, maka caffein sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita hypertensi.

Well, artikel ini dibuat bukan bertujuan untuk men judge starbucks. Namun sebagai warning bagi Anda untuk memperhatikan kadar caffeine yang Anda konsumsi setiap harinya. Agar mendapatkan efek caffeine kopi secara lebih baik, sebaiknya perhatikan waktu minum kopi yang benar berdasarkan science.



Lahirnya Kota Asem-Arang (Semarang)


Sejarah Lahirnya Kota Semarang.
(Radjimo Sastro Wijono)

Beberapa abad yang lalu penamaan suatu daerah, baik kota, dusun kampung, sungai hingga gunung didasarkan dari ciri khas daerah tersebut, baik dari keadaan alam atau pemandangan mencolok atau land mark daerah tersebut. Salah satunya yang terjadi pada terlahirnya nama kota Semarang.

Berdasarkan Surat Kandaning Ringgit Purwa Naskah KBG NR.7, Lahirnya Kota Semarang diawali pada tahun 1938 saka atau 1476 Masehi. Hal ini ditandai dengan datangnya utusan Kerajaan Demak, yakni Ki Pandan Arang yang mengemban tugas Islamisasi daerah di wilayah barat Kerajaan Demak tepatnya di semenanjung Pulau Tirang atau yang sekarang dikenal dengan daerah Mugas dan Bergota.

Sesampainya di daerah tersebut, Ki Padan Arang mendirikan sbuah pesantren. di tempat berdirinya pesantren ini diketahui banyak tumbuh pohon asam (Jawa: Asem), peepohonan tersebut tumbuh jarng (Jaa; Arang). Semakin hari semakin banyak masyarakat yang masuk pesantren, daerah tersebut kemudian dikenal dengan nama Asem-Arang yang lama-kelamaan disingkat menjadi Semarang.

Jika Anda brisata ke Semarang, Anda akan menemui kelenteng Sam Po Khong yang menjadi land mark karena kemegahannya. Kelenteng ini merupakan peninggalan dari Sam Po Tay, orang China pertama yang menduduki darah tersebut sejak abad ke-15, sebelum kedatangan Ki Pandan Arang. Islamisasi di daerah tersebut terjadi cukup alot mengingat banyaknya orang China yang bermukim di daerah klenteng. Jumlah penduduk asli China yang ada di daerah tersebut semakin meningkat setelah sebagain besar orang China mengungsi dari Batavia (Jakarta) ke kawasan Pecinan Semarang dikarenakan Perang Anti China di Batavia pada 14 Juni hingga 13 September 1741.

Di abad ke-18 yaki di ra penjajahan Belanda, daerah Semarang dikenal sebagai Lojining Nagoro Sumawis (Negara tempat semuanya tersedia). Di bawah pemerintahan Hindia-Belanda, Kota Semarang mengalami tiga kali perubahan batas kota yang terdisir dari tanah seluas 25Ha. Semarang mengalami perluasan kota pertama kali pada tahun 1886 (Staatsblad van Nederlandsch-Indie 1886 No.160), yang kedua yaitu pada 1894 (Staatsblad van Nederlandsch_Indie 1894 No.249), dan pada 1902 (Staatsblad van Nederlandsch-indie 1905 No.211). Karna pertumbuhan kota Semarang yang sangat spesifik tersebut, Kota Semarang sempat dinobatkan sebagai Kota Batavia Kedua.

26 March 2015

Peneliti Ungkap Pertanyaan "Ayam dan Telur, Manakah Yang Lebih Dulu Tercipta?"


Misteri kehadiran ayam dan telur di bumi merupakan misteri yang wenjadi tanda tanya besar manusia di seluruh dunia. 

Logisnya ayam menetas dari telur dan telur tercipta dari seekor ayam, lantas manakah yang lebih dulu ada di bumi? Untuk menjawab salah satu "misteri terbesar di dunia" ini para ilmuan dari Warwick universities melakukan sebuah penelitian khusus.

Dikutip dari the Daily Mail newspaper, para peneliti menemukan fakta bahwa cangkang telur ayam terbuat dari protein yang hanya bisa terbentuk di dalam ovarium seekor ayam. Cangkang telur ini berfungsi untuk melindungi kuning telur dan putih telur yang merupakan "komposisi" pembentuk organ tubuh ayam.

"Selama ini kita berpendapat bahwa telur tercipta terlebih dahulu sebelum ayam, dengan adanya penelian ini, kini seluruh dunia tau bahwa ayam tercipta terlebih dahulu sebelum telur." ujar Dr. Colin Freeman dari Sheffield Universitys.

Tak berhenti sampai disitu, berdasarkan hasil penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahan pembentuk cangkang telur yang jika dikembangkan lebih lanjut akan sangat bermanfaat di segala bidang kebutuhan hidup manusia. Salah satunya meneliti cangkang telur yang mampu membuat telur bertahan lama dan terhindar dari bakteri.

25 March 2015

Inilah Waktu Minum Kopi Yang Benar Berdasarkan Science!



Kopi kini tak hanya menjadi sekedar minuman, belakangan minuman hitam ini kini telah menjadi kebutuhan primer. Sebuah survei bahkan menyebutkan fakta bahwa setiap harinya manusia di bumi mengonsumsi 2,25 miliar cangkir kopi setiap harinya. Data tersebut tentu masuk kategori wajar, melihat gaya hidup manusia yang dituntut aktif, bahkan hiperakaktif.

Kopi merupakan solusi yang bisa dijadikan "senjata ampuh" karena kandungan kafein yang terbukti ampuh memberikan energy booster kepada peminumnya, terutama di jam dimana tubuh kita memerlukan asupan tersebut. Namun banyak orang terkadang sering tidak merasakan efek apapun setelah minum kopi. Hal ini bukan merupakan faktor genetik, melainkan peminum tersebut meminum kopi tidak pada waktunya.

Berdasarkan artikel yang di tulis oleh Steven Miller Ph.D, minum kopi ternyata ada jam tayangnya loh. Hal ini harus di cocokan dengan jam circadian atau jam biologis tubuh. Jam circadian ini memproduksi hormon cortisol yang bertugas membangunkan kita saat tiba waktunya bangun dan juga memberikan signal lapar saat tubuh membutuhkan asupan makanan dan lain-lain.



Hormon cortisol ini diproduksi sekitar pukul 08.00 sampai 09.00 pagi. Pada jam ini tubuh memproduksi kafein alami, inilah mengapa pada jam ini tingkat konsentrasi kita maksimal. Anda tidak akan mendapatkan efek dari kopi pada jam ini. Lantas, kapan waktu yang tepat? Jawababnnya yaitu pada saat hormon Cortisol tubuh turun.



Normalnya, hormon cortisol tubuh menurun antara pukul 09.30 sampai 11.30. Inilah kenapa jam istirahat sekolah dimulai sekitar pukul 09.00 dan jam makan siang kantor sekitar pukul 12.00. Jam-jam efektif ini bisa Anda manfaatkan untuk minum kopi.

Asal-Usul Unik Nama Twitter



Layaknya seekor burung yang tak bisa berhenti berkicau, aktivitas Tweeting atau berkicau ini juga hal yang sama, yakni sukar dihentikan.

Sebuah riset membuktikan bahwa Twitter lebih memabukkan dari pada Alkohol. Hal ini terbukti dengan fakta dimana terdapat 347.000 kicauan di dunia setiap menitnya. Dari fakta ini tentu kita semua setuju bahwa sosial media ini sangat cocok dinamakan Twitter.

Namun tahukah Anda bahwa sang penemu Twitter, Noah Glass sempat dibingungkan dengan nama microbloging 140 karakter tersebut?

Ya, sebelum nama Twitter, microbloging ini ternyata sempat menyandang 3 nama kandidat. Yang pertama yakni Frendstalking. Nama ini telah didiskusikan oleh Glass dengan co-foundernya, Ev Williams.

Nama ini sesuai dengan fungsi situs ini yakni timeline yang berisi postingan orang yang di follow. Secara tak langsung hal ini merupakan bentuk stalking. Namun nama Friendstalking ini akhirnya dibatalkan karena terdengar menyeramkan dan terdengar mengancam privasi seseorang.

Tak hanya berdiskusi, kedua pencetus situs powerful ini bahkan melakukan research dengan membuka kamus untuk mencari nama yang tepat. Hingga akhirnya situs ini sempat memiliki nama Vibrate. Ide menamakan situs tersebut dengan nama Vibrate muncul saat Glass pulang larut malam, sebelum tidur ia sempat mengganti mode handphone nya dengan mode getar atau vibrate.

Dari nama Vibrate ini munculah nama baru, yakni Twitch. Nama vibrate pun akhirnya batal di gunakan. Dari nama Twitch yang ia temukan di kamus, ia kembali menemukan beberapa kata dengan awalan Tw, antara lain, twist, twit, twitch, twitcher, twitchy dan di ujungnya ia menemukan kata Twitter yang memiliki arti “The light chirping sound made by certain birds.” atau kicauan burung.

Inilah alasan kenapa Twitter menggunakan simbol atau maskot burung biru.

24 March 2015

Saingi Timehop, Facebook Luncurkan Fitur Nostalgia On This Day



Facebook meluncurkan fitur nostalgia On This Day yang akan mengingatkan kembali momen yang pernah Anda unggah di akun Facebook Anda. Fitur baru ini merupakan fitur yang di adopsi Facebook dari aplikasi nostalgia bernama Timehop yang sukses mencetak 6 juta pengguna aktif setiap harinya.

Lantas apa saja yang ditawarkan fitur nostalgia terbaru Facebook tersebut? Dan apakah yang membuat fitur ini lebih handal dari Timehop?



Melalui fitur Facebook On This Day anda bisa bernostalgia dengan status, foto dan juga banyak hal yang telah Anda bagikan di akun Facebook Anda sebulan, setahun bahkan empat tahun yang lalu!

Lebih dari itu, product manager On This Day, Jonathan Gheller mengatakan bahwa pihaknya tak menjiplak fitur pada aplikasi Timehop, pihaknya ingin 891 juta aktif facebook tak perlu menggunaan aplikasi lain hanya untuk bernostalgia dngan akun Facbooknya.

Selain itu, fitur Facebook On This Day dilengkapi dengan fitur subscribe pada status tertentu, misalkan setahun lalu anda baru merayakan pernikahan Anda, dengan mensubscribe Anda bisa bernostalgia di waktu dan hari yang tpat terjadi setahun yang lalu, sehingga Anda bisa menggunakan fitur ini untu bernostalgia dengan pasangan anda pada saat aniversary pertama Anda. Seru bukan?

Lebih canggihnya, karena mengadopsi tema nostalgia, Facebook ingin membagikan momem mengenang masa lalu yang indah. Oleh karena itu fitur Facebook On This Day ini tak akan menampilkan kembali memori menyedihkan seperti berfoto bersama mantan hingga berita duka seperti kematian.

Untuk menikmati fitur Facbook On This Day, Anda bisa mengaksesnya melalui https://www.facebook.com/onthisday, bookmarks menu, search, News Feed stories, atau opt-in notifications pada iOS, Android, mobile web dan desktop.

Takut Kehilangan Anak, Dua Bersaudara Ini Dilarang Naik Pesawat Bersamaan


Angka kematian di dunia penerbangan terus meningkat, bahkan semakin kesini berita jatuhnya pesawat semakin marak terjadi. Dalam sebuah kcelakaan pesawat diketahui tak hanya satu orang, bahkan satu kepala keluarga bisa meninggal secara bersamaan.

Resiko kematian ini ternyata telah diprksikan bertahun-tahun lalu oleh ayah dari duo Wright Bersaudara, Orville Wright dan Wilbur Wright. Kedua kakak adik yang dikenal dengan julukan Wright Brother ini merupakan penemu konsep dan pencipta pesawat terbang dengan awak pertama di dunia.



Perlu Anda ketahui, konsep pesawat terbang pertama ciptaan Wright bersaudara ini adalah pesawat tanpa kabin, salah seorang harus mengemudi tuas pesawat tepat disamping mesin (tengah sayap) tanpa pelindung apapun. Oleh karena itulah kesalahan sedikit saat penerbangan pasti akan membunuh sang pilot.

Karena mengetahui resiko tersebut, sang Ayah melarang keras kedua anaknya terbang secara bersamaan. Karena beliau takut kehilangan anaknya sekaligus. Untuk itulah Wright bersaudara berjanji kepada sang ayah untuk tidak terbang bersamaan.

Namun, pada 25 Mei 1910, sang ayah memberikan pengecualian kepada kedua anaknya dan memperbolehkan keduanya menerbangkan pesawatnya secara bersamaan untuk pertama dan terakhir kalinya. Dan mereka memanfaatkan kesempatan tersebut untuk terbang selama 6 menit di udara. Sang ayah yang kala itu berusia 89 tahun menangis bangga dan menyoraki anaknya untuk terbang lebih tinggi. “Higher, Orville, higher!” ujarnya kepada Orville yang kala itu bertindak sebagai pilot.

Namun sayangnya, pada tahun 1908 pesawat yang dipiloti Orville megalami kecelakaan dan menghujam keras ke tanah, ia sempat diraat selama 6 Minggu di rumah sakit akibat patah tulang dan rusuk. Namun sayang akhirnya nyawanya tak tertolong.

Sebelum 1987 Operasi Pada Bayi Tanpa Anestesi!


Sebuah fakta mengerikan terkuak dari sejarah dunia kedokteran. Tahukah Anda, sebelum tahun 1987 diketahui operasi atau pembedahan pada bayi ternyata dilakukan tanpa anestesi!

Sebelumnya, dunia kedokteran menganggap bahwa bayi yang baru lahir masih merupakan sebuah tubuh yang tersusun dari organisme primitif yang belum mengenal atau mendeteksi rasa sakit. Otak bayi yang masih belum berkembang pada waktu itu diyakini masih belum bisa menerima signal rasa sakit.

Langkah pembedahan tanpa anestesi ini juga mrupakan pertimbangan tentang berbahayanya zat anestesi yang jauh lebih berbahaya dibandingkan langkah operasi tanpa anestesi itu sendiri. Hal ini terbukti dari banyaknya bayi yang meninggal akibat overdosis anestesi pada saat pembedahan tahun 1940-1950an.

Prosedur pembedahan bayi pada masa itu adalah pemberian nitride oxide atau gas tertawa yang akan membuat otot lebih rileks saat pembedahan dan tanpa tambahan anestesi atau obat bius apapun.

Beruntung pada tahun 1987an Dr. Kanwaljeet Anand berhasil menunjukkan bukti bahwa bayi telah bisa merasakan sakit bahkan jauh sebelum dia dilahirkan. Berdsarkan serangkaian tes yang ia lakukan pada bayi baru lahir dan bayi kelahiran prematur. Dengan dosis anestesi dan penghilang rasa sakit yang pas mampu membuat bayi selamat dan juga terhindar dari shock otak yang terbukti banyak dialami bayi yang dioperasi tanpa anestesi.

Bayankan betapa menyakitkannya jarum suntik yang kerap menjadi phobia banyak orang. Bagaimana mungkin operasi bedah tanpa anestesi tidak menyakitkan?

23 March 2015

Boneka Barbie Berbicara Ini Ternyata Berbahaya!

Siapa yang tak kenal Barbie, boneka cantik berambut pirang yang telah ada sejak 56 tahun yang lalu ini kini bisa berbicara, lebih dari itu, dengan koneksi WiFi boneka ini bisa di ajak curhat berkat dukungan Cloud!

Hello Barbie, itulah nama "Barbie pintar" tersebut. Perusahaan mainan anak tersebut diketahui bekerjasama dengan ToyTalk, sebuah startup dari San Fransisco. Kehadiran Hello Barbie ini tentu merupakan inovasi yang luar biasa dan terbilang tepat waktu.

Meski terbilang canggih, namun banyak orang tua yang tidak mensetujui produk tersebut untuk anak-anaknya. Bahkan sebuah petisi online telah dilayangkan dan telah ditanda tangani oleh ribuan netizen.

Menurut Josh Golin, associate
director dari CCFC (Campaign for a Commercial Free Childhood) yang melayangkan petisi tersebut berpendapat bahwa Hello Barbie dapat membuat anak berpotensi lebih intim dengan mainannya daripada kehidupan sosial bahkan kepada orang tuanya sendiri. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi psikologis anak.



Belakangan perusahaan ini memang kerap menjadi buah bibir karena menghadirkan varian Barbie yang kontroversial. Sebelumnya, 2011 lalu, perusahaan ini sempat mengeluarkan varian Tokidoki Barbie yang hadir dengan payudara berputing pink dan juga tato di bunga di bagian lengan dan punggung.