CONTOH SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK Nusantara
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS/SEMESTER : X/ 1 dan 2
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
1.1 Mengiden-tifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk mempero-leh infor-masi gejala alam biotik | · Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam (Sains) · Keterampilan proses sains · Metode ilmiah · Keanekaraga-man makhluk hidup · Klasifikasi makhluk hidup · Peranan mikroorganis-me (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia | · Mendiskusikan pengertian dan ciri ilmu pengetahuan alam (sains). · Mendiskusikan perkembangan sains dan teknologi di Indonesia saat ini. · Mendiskusikan dan mengindentifikasi keterampilan-keterampilan proses sains yang diperlukan untuk mempelajari metode ilmiah. · Mendiskusikan pengertian metode ilmiah dan mengidentifikasi langkah-langkah metode ilmiah beserta contoh penerapannya. · Melakukan penelitian mengenai pertumbuhan tanaman dengan menerapkan langkah-langkah metode ilmiah. · Melakukan pengamatan terhadap keanekaragaman makhluk hidup di lingkungan sekitar. · Mengidentifikasi macam-macam tingkat keanekaragaman makhluk hidup. · Mendiskusikan keunikan keanekaragaman makhluk hidup di Indonesia dan manfaatnya. · Mendiskusikan pengaruh kegiatan manusia terhadap keanekaragaman makhluk hidup. · Mendiskusikan manfaat dan dasar klasifikasi makhluk hidup. · Mengidentifikasi sistem-sistem klasifikasi makhluk makhluk hidup yang dibuat manusia. · Mengidentifikasi kingdom-kingdom makhluk hidup berdasarkan klasifikasi kingdom yang telah dibuat manusia. · Mendiskusikan tata cara penamaan ilmiah makhluk hidup. · Mendiskusikan ciri dan peranan berbagai jenis mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia. · Melakukan pengamatan terhadap bentuk bakteri, protozoa, dan algae. · Melakukan praktikum membuat nata de coco, yoghurt, dan tape ketan. | · Menjelaskan pengertian dan ciri ilmu pengetahuan alam (sains). · Membuat laporan hasil diskusi mengenai perkembangan sains dan teknologi di Indonesia. · Menjelaskan keterampilan proses sains yang diperlukan untuk mempelajari metode ilmiah. · Memberikan contoh penerapan keterampilan proses sains. · Menjelaskan pengertian metode ilmiah dan langkah-langkah metode ilmiah. · Mengaplikasikan langkah-langkah metode ilmiah. · Membuat laporan penelitian mengenai pertumbuhan tanaman. · Mempresentasikan hasil penelitian mengenai pertumbuhan tanaman. · Mendeskripsikan keanekaragaman makhluk hidup di lingkungan sekitar. · Menjelaskan macam-macam tingkat keanekaragaman makhluk hidup. · Menjelaskan keunikan keanekaragaman makhluk hidup di Indonesia dan manfaatnya. · Menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keanekaragaman makhluk hidup. · Menjelaskan manfaat dan dasar klasifikasi makhluk hidup. · Mengklasifikasikan makhluk hidup di lingkungan sekitar berdasarkan ciri tertentu. · Menjelaskan sistem-sistem klasifikasi makhluk hidup. · Menjelaskan kingdom-kingdom makhluk hidup. · Menjelaskan tata cara penamaan ilmiah makhluk hidup. · Menjelaskan ciri dan peranan virus, bakteri, protista, dan jamur dalam kehidupan manusia. · Menyebutkan contoh jenis virus, bakteri, protista , dan jamur yang menguntungkan manusia beserta manfaatnya. · Menyebutkan contoh jenis virus, bakteri, protista, dan jamur yang merugikan manusia beserta kerugian yang ditimbulkannya. · Mengaplikasikan peranan bakteri dan jamur dalam menghasilkan bahan pangan. | · Tes tertulis · Produk · Tes tertulis · Tes tertulis · Observa-si kinerja · Produk · Tes tertulis · Tes tertulis · Produk · Tes tertulis · Observa-si kinerja · Produk | 16 | 20 (40) | | · Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 halaman 1-17 · Lingkungan sekitar · Sumber Informasi lain: koran, majalah, website internet, dll · Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 halaman 19-52 · Lingkungan sekitar · Sumber Informasi lain: koran, majalah, website internet, dll · Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 halaman 53-72 · Lingkungan sekitar · Sumber Informasi lain: koran, majalah, website internet, dll |
1.2 Mengiden-tifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk mempero-leh infor-masi gejala alam abiotik | · Struktur bumi dan komponennya (air, tanah, dan batuan) · Tektonisme, vulkanisme, gempa, dan tsunami sebagai gejala-gejala alam yang mengubah bentuk permukaan bumi · Rotasi dan revolusi bumi · Matahari, bulan, planet, komet, steroid, dan meteor sebagai benda langit · Cuaca dan iklim | · Mengidentifikasi struktur bumi dan mendiskusikan peristiwa-peristiwa alam yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi. · Melakukan studi literatur dan mendiskusikan peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia. · Melakukan diskusi mengenai air, tanah, dan batuan sebagai komponen bumi. · Melakukan pengamatan terhadap daya serap air oleh jenis tanah yang berbeda. · Mendiskusikan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi. · Mengidentifikasi dan mendiskusikan beberapa benda langit yang ada di tata surya. · Mendiskusikan pengertian cuaca dan iklim. · Mengidentifikasi dan mendiskusikan unsur-unsur cuaca. · Melakukan pengamatan cuaca di lingkungan sekitar. · Mengidentifikasi pembagian iklim bumi. · Mendiskusikan dampak perubahan iklim bumi yang sedang terjadi saat ini. | · Menjelaskan struktur bumi dan peristiwa-peristiwa alam yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi. · Membuat laporan hasil diskusi mengenai peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia. · Mempresentasikan hasil diskusi mengenai peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia. · Menjelaskan fungsi, sifat, dan jenis-jenis air, tanah, dan batuan yang ada di bumi. · Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi. · Menjelaskan beberapa benda langit yang ada di tata surya. · Menjelaskan pengertian cuaca dan iklim. · Menjelaskan unsur-unsur cuaca. · Menyimpulkan kondisi cuaca di lingkungan sekitar. · Menjelaskan pembagian iklim bumi. · Mengidentifikasi sebab dan dampak perubahan iklim bumi. · Membuat laporan hasil diskusi mengenai dampak perubahan iklim bumi yang sedang terjadi saat ini. | · Tes tertulis · Obser-vasi kinerja · Produk · Tes tertulis · Tes tertulis · Tes tertulis · Observa-si kinerja · Produk | 16 | 12 (24) | | · Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 halaman 73-111 · Lingkungan sekitar · Sumber Informasi lain: koran, majalah, website internet, dll · Buku Ilmu Pengeta-huan Alam untuk SMK dan MAK kelas X karya Tia Mutiara,dkk terbitan Erlangga 2008 halaman 113-128 · Lingkungan sekitar · Sumber Informasi lain: koran, majalah, website internet, dll |
Post a Comment