21 March 2017

Julia, "Boneka Autis" dari Sesame Street



Siapa yang tidak kenal dengan Elmo, Monster Cookies dan Oscar dari Sesame Street, mupet yang telah mewarnai TV internasional sejak 50 tahun ini tentu sangat familiar, terutama bagi anak-anak tahun 90an.

Ada yang beda dari series Sesame Street baru-baru ini. Serial yang bisa Anda nikmati di Chanel HBO dan PBS KIDS ini mengangkat isu Autis melalui episode yang diberi nama "Meet Julia". Julia merupakan Mupet pertama yang memiliki karakter Autis . Sang produser Shari Finkelstein merasa perlunya memperkenalkan Autism sejak dini kepada anak-anak.

Seperti yang kita ketahui, di banyak tempat di dunia bahkan di Indonesia, banyak sekali orang yang masih belum bisa menerima anak dengan Autis. Kurangnya edukasi anak tentang autis membuat anak Autis ini terlihat berbeda dan cenderung abnormal. Dari sinilah timbul bully yang tentu sangat menjatuhkan mental anak Autis.

Sesame Street sendiri awalnya merupakan sebuah proyek penelitian. Para peneliti berusaha mencari tahu apakah TV bisa menjadi media pembelajaran anak? dan ya, sejak dibuat pada tahun 1969, hingga kini Sesame Street telah menjadi banyak reverensi sekolah dan orang tua untuk mengedukasi anak-anaknya.

Kali ini, di sebuah episode yang ditayangkan pada 19 Maret 2017, Sesame Street memperkenalkan karakter baru bernama Julia, anak dengan Autism. Karakter ini bukan semata-mata dibuat begitu saja, pembuatannya pun memerlukan research yang melibatkan organisasi Autis, bahkan Julia sendiri telah dioperasikan oleh Stacey Gordon, seorang ayah yang memiliki anak Autis.



2 comments:

  1. wah acara tivi itu terkenal sekali, masa iya ak ga kenal hha

    ReplyDelete
  2. ini acara favoritku waktu masih kecil.
    Aku paling suka bigbird. Nah sekarang ada yang baru, Julia.. namanya mirip nama mamaku hahah :D

    ReplyDelete

Followers

Flickr