25 March 2015

Inilah Waktu Minum Kopi Yang Benar Berdasarkan Science!



Kopi kini tak hanya menjadi sekedar minuman, belakangan minuman hitam ini kini telah menjadi kebutuhan primer. Sebuah survei bahkan menyebutkan fakta bahwa setiap harinya manusia di bumi mengonsumsi 2,25 miliar cangkir kopi setiap harinya. Data tersebut tentu masuk kategori wajar, melihat gaya hidup manusia yang dituntut aktif, bahkan hiperakaktif.

Kopi merupakan solusi yang bisa dijadikan "senjata ampuh" karena kandungan kafein yang terbukti ampuh memberikan energy booster kepada peminumnya, terutama di jam dimana tubuh kita memerlukan asupan tersebut. Namun banyak orang terkadang sering tidak merasakan efek apapun setelah minum kopi. Hal ini bukan merupakan faktor genetik, melainkan peminum tersebut meminum kopi tidak pada waktunya.

Berdasarkan artikel yang di tulis oleh Steven Miller Ph.D, minum kopi ternyata ada jam tayangnya loh. Hal ini harus di cocokan dengan jam circadian atau jam biologis tubuh. Jam circadian ini memproduksi hormon cortisol yang bertugas membangunkan kita saat tiba waktunya bangun dan juga memberikan signal lapar saat tubuh membutuhkan asupan makanan dan lain-lain.



Hormon cortisol ini diproduksi sekitar pukul 08.00 sampai 09.00 pagi. Pada jam ini tubuh memproduksi kafein alami, inilah mengapa pada jam ini tingkat konsentrasi kita maksimal. Anda tidak akan mendapatkan efek dari kopi pada jam ini. Lantas, kapan waktu yang tepat? Jawababnnya yaitu pada saat hormon Cortisol tubuh turun.



Normalnya, hormon cortisol tubuh menurun antara pukul 09.30 sampai 11.30. Inilah kenapa jam istirahat sekolah dimulai sekitar pukul 09.00 dan jam makan siang kantor sekitar pukul 12.00. Jam-jam efektif ini bisa Anda manfaatkan untuk minum kopi.

No comments:

Post a Comment

Followers

Flickr