Lets Share Our InZpiration

23 August 2011

TIGA DINASTI UTAMA BANGSA TIONGHOA

DINASTI SHANG (sekitar 1600-1045 SM)

kebudayaan Shang yang kaya dan kuat menguasai Dataran tiongkok Utara pada zaman Perunggu Tiongkok (sekitar 1600-1400 SM). Senjata danbejana dari perunggu, batu giok yang indah, serta benda-benda berbahan gading ditemukan di situs yang merupakan ibukota terakhir Dinasti Shang, dekat kota yang kini bernama Anyang. Tulisan pada tulang ramalan dari Anyang memberikanpetunjuk-petunjuk penting tentang kegiatan keagamaan dan kehidupan sehari-hari masyarakat Dinasti Shang.


DINASTI QIN (22R-206 SM)

Pada 221 SM seorang pria bernama Ying Zheng menahklukkan semua kerajaan di Tiongkok. Ia mempersatukan kerajaan-kerajaan itu dibawah pemerintahannya dan mengambil gelar Shi Huangdi, atau 'Kaisar Pertama'. Pemerintahan Shi Huangdi mengawali Dinasti Qin dan periode ke kaisaran Tiongkok. 'China' berasal dari kata 'Qin'.Dibawah peemerintahan Dinasti Qin, sebagian besar pembangunan Tembok besar China berhasil diselesaikan. Tulisan, timbangan dan ukuran, serta mata uang juga sudah dibukukan.


DINASTI HAN (206 SM - 220 M)

Seorang petani bernama Liu Bang memimpin pemberontakan yang menjatuhkan kaisar terakhir Qin dan menjadi kaisar pertama Dinasti Han. Semasa pemerintahan Dinasti Han, Tiongkok memperluas wilayahnya sampai ke daerah yang sekarang menjadi Korea, Vietnam dan asia tengah. Perdagangan antara Tiongkok dan barat di buka. Sutra Tiongkok muncul di kekaisaran Romawi untuk pertama kalinya, dibawa dengan karavan melalui jalur sutra.


2 comments:

  1. ane tertarik dengan sejarah Cina gan, terutama cerita Romance of 3 Kingdom. nice share

    ReplyDelete
  2. thanks coment nya, di tunggu tulisan ane berikutnya tentang Romance of 3 kingdom y :)

    ReplyDelete