Lets Share Our InZpiration

14 July 2010

TEMA CERITA

CARA MENULIS NOVEL

TEMA CERITA

Tema cerita yang kita buat berkaitan erat dengan sasaran yang hendak kita tuju. Kita harus pinter-pinter menulis tema agar cerita kita berkarakter dan beda dari tulisan yang sudah ada. Tema cerita buku-buku yang beredar di pasar banyak banget dan pasti punya cirri khasnya masing-masing. Namun, penting diingat bahwa tema cerita biasanya dibagi menjadi beberapa jenis, seperti berikut :


1. Percintaan

Tema seputar percintaan adalah tema yang paling umum dan paling sering ditulis. Coba perhatiin buku-buku fiksi, baik anak-anak, remaja, maupun yang dewasa, sebagian besar pasti nyeritain tentang percintaan.

2. Persahabatan

Tema persahabatan biasa ada di dalam cerita-cerita dengan sasaran anak-anak dan remaja. Cerita dewasa sedikit sekali yang membahas tema demikian, karena masalah orang dewasa sudah sangat kompleks.

3. Rumah tangga

tema kehidupan rumah tangga, seputar perkawinan, pengurusan anak, hubungan menantu dengan mertua, dan pekerjaan di luar rumah untuk ibu rumah tangga dengan tujuan konsumsi jelas untuk orang dewasa.

4. Perselingkuhan

Tema perselingkuhan nggak hanya dalam lingkungan orang dewasa, tetapi juga di kalangan remaja, misalnya pacar selingkuh ama sahabat.

5. Asimilasi Budaya

Tema yang membahas perpaduan budaya dari satu tempat A ke tempat B, hingga muncullah budaya baru yang nggak bisa di sebut budaya A atau budaya B, tetapi disebut budaya C (paham nggak maksudnya??). misalnya suami istri dari budaya yang berbeda, kemudian melahirkan seorang anak yang mempunyai kebiasaan dari kebudayaan ayah ibunya dengan konflik dan keunikan masing-masing.

6. Religious

Menurut pantauan saya, tema yang ini mulai disenangi pasaran sekarang, terbukti larisnya novel-novel seperti Ayat-ayat Cinta, Ketika Cinta bertasbih, Wanita berkalung sorban dan lain-lain. Kisah-kisah atau cerita-cerita tersebut didasari oleh agama tertentu.

7. Kepahlawanan

Cerita yang dilandasi oleh kisah kepahlawanan yang semangat dan pengorbanannya patut ditiru oleh generasi muda.

8. Petualangan

Cara nemuin harta karun di tengah laut adalah contoh dari tema Petualangan.

9. Balas Dendam

Balas dendam biasanya nada dalam kisah-kisah laga.

10. Criminal

Ini adalah kisah-kisah yang berhubungan dengan cerita misteri, seputar teka-teki pembunuhan dan tindak pidana lainnya.

No comments:

Post a Comment